Wisata Religi Pura Lingsar – Pulau Lombok mempunyai begitu banyaknya objek wisata di Lombok yang sangat terkenal serta digemari oleh para wisatawan lokal ataupun wisatawan luar negeri yang berlibur ke pulau Lombok. Salah satu peninggalan budaya dan adat di pulau Lombok ialah Pura Lingsar.

wisata religi pura lingsar
IG @dademarhaendra

Pura ini berada di Kabupaten Lombok Barat, tepat nya di Desa Lingsar Kecamatan Narmada. Pura Lingsar Lombok Barat tidak jauh dari pusat kota Mataram, hanya ditempuh 30 menit perjalanan saja dengan menggunakan kendaraan, Anda sudah sampai disalah satu tempat wisata budaya favorit di Pulau Lombok.

Keunikan Pura Lingsar di Lombok Dengan Dua Keyakinan

pura lingsar dua keyakinan
IG @bima_taher

Pura Lingsar di bangun pada tahun 1741 oleh raja yang bernama Anak Agung Ketut Karangasem dari Pulau bali. Pura Lingsar adalah symbol dari kerukunan antar umat beragama yang mempunyai dua buah tempat ibadah bagi umat Muslim yang diberi nama Kemaliq, sedangkan untuk umat Hindu dinamakan Pura.

persiapan umat muslim di pura lingsar
IG @edonkkembali

Semua nya adalah perpaduan dan gabungan dari nilai – nilai Agama Islam dan Hindu di Pulau Lombok. Jika para wisatawan akan memasuki area pura ini, Anda diharuskan untuk menggunakan selendang kuning yang di ikat dipinggang yang merupakan sebagai tanda pengormatan.

Jika Anda masuk ke dalam Kemaliq, Anda bisa langsung menuju ke Pura tanpa Anda harus keluar lagi karena sudah adanya pintu yang menghubungkan secara langsung masuk kedalam pura.

Pura Lingsar temple Lombok mempunyai area yang luas dan besar, yaitu 26 hektar yang menjadikan nya sangat cocok untuk tempat beribadah. Selain itu, tempat yang kosong di area Pura Lingsar setiap tahunnya digunakan sebagai tempat untuk melakukan Perang Topat.

perang topat umat hindu
IG @genpiindonesia

Perang Topat merupakan perang yang saling melemparkan topat / ketupat kepada masyarakat yang ikut serta dalam acara ini sebagai mengungkapkan rasa bersyukur atas diberikannya hasil panen yang berlimpah.

perang topat umat muslim
IG @genpiindonesia

Setelah mereka melakukan Perang Topat, topat – topat tersebut akan di ambil oleh masyarakat setempat untuk sebagai pupuk lading mereka, karena dipercaya lading mereka akan menjadi subur dengan hasil panen yang berlimpah. Saat acara inilah sangat cocok untuk Anda berkunjung, karena Anda bisa menyaksikan acara ini secara langsung.

Adanya Sebuah Kolam di Pura Lingsar Lombok

pura lingsar tour
IG @rafeyda

Pura Lingsar mempunyai sebuah kolam yang begitu menarik bagi wisatawan yang di bangun untuk menghormato Dewa Wisnu, yang di mana para wisatawan bisa melemparkansebuah koin ke dalam kolam dengan posisinya menghadap kebelakang sembari Anda berdoa memohon sesuatu.

Didasar kola mini pun ada sumber mata air yang di mana adanya ikan tuna yang hanya akan muncul jika di panggil dengan menggunakan telur rebus yang bisa Anda beli di sekitar pura.

wisata ke pura lingsar di lombok
IG @yuni_suhendra

Pura Lingsar ini pun menyimpan berbagai pesona nya yang begitu indah dan dengan suasana spiritualnya yang begitu tinggi, sehingga Anda akan merasa kagum saat Anda berkunjung ke Pura Lingsar ini.

Jika Anda merasa capek dan lapar, Anda tidak perlu khawatir karena di sekitaran pura juga ada wisata kuliner nya yaitu Sate Bulayak yang bisa Anda nikmati setelah Anda puas berkeliling di Pura Lingsar.

Letak Lingsar Lombok Yang Tidak Jauh Dari Pusat Kota Mataram

pura lingsar ke lombok
IG @tiwi_br

Pura Lingsar Lombok ini lokasinya di Jalan Gora No.02, Desa Lingsar, Kec.Narmada, Lombok Barat. Objek wisata serta tempat ibadah ini berada dijarak sekitar 8 km melalui Kota Mataram.

Untuk bisa berkunjung ke Pura Lingsar ini, para wisatawan bisa menempuhnya dengan waktu sekitar 20 sampai 30 menit saja dengan memakai kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Rute yang bisa ditempuh untuk mengunjungi Pura Lingsar Lombok ini adalah dari jalan Kota Mataram-Cakranegara-Selagalas-Lingsar. Sehingga untuk para wisatawan yang akan berkunjung dengan memakai transportasi umum harus mengganti jalur sebanyak 3 kali.

Jalur tersebut adalah Ampena-Sweta, lalu dilanjutkan dengan jurusan Sweta-Narmada serta yang terakhir ialah jurusan Narmada-Lingsar. Sehingga para wisatawan akan mengeluarkan biaya untuk membayar transportasi umumnya agar bisa berkunjung ke daerah wisata religi satu ini.

Demikianlah sedikit ulasan tentang wisata religi Pura Lingsar Lombok yang telah mencerminkan sebuah toleransi beragama. Berwisata ke Lombok dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang bersejerah tentunya tak ada salahnya.

pura lingsar kemaliq
IG @puspariniimoet

Justru wisatawan pun akan semakin bertambah yang akan datang. Ini akan membuat pariwisata pulau Lombok akan semakin berkembang pesat dan di kenal tak hanya masyarakat Indonesia melainkan sampai mancangera.

Jika Anda akan liburan ke Lombok, sempatkanlah untuk Anda berkunjung ke wisata religi Pura Lingsar saat Anda liburan ke Pulau Lombok.

Jangan sampai Anda tidak mau pulang jika berlibur ke Lombok, karena ke eksotisan pulau Lombok yang indah ini akan membuat Anda betah berlama-lama wisata di Lombok.

Jika Anda akan wisata ke Lombok jangan lupa untuk menghubungi kami di Lombokleisuretour.com. Selamat menikmati liburan 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *